Saturday, January 26, 2008

SUARA PEMBARUAN DAILY
Terpidana Kasus Poso Meninggal

[PALU] Terpidana kasus kekerasan Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) Yusuf Asapa (35), Kamis (24/1) pagi, pukul 07.00 Wita, meninggal dunia di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIA Palu. Diduga meninggal karena penyakit tuberkulosis (TB) yang dideritanya.
Menurut rekan-rekannya di LP, pagi itu Yusuf ke kamar mandi dan terjatuh. Seorang rekannya yang melihat kejadian itu langsung menolong Yusuf dan membawanya ke poliklinik di LP tersebut.
Namun saat di poliklinik, Yusuf sudah tak sadarkan diri dan akhir- nya mengembuskan napas yang terakhir.
Oleh Tim Pembela Muslim (TPM) Poso, jena- zah Yusuf setelah disemayamkan di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Palu, Kamis siang langsung dibawa ke Poso dan dike-bumikan hari itu juga di sana.
"Dari hasil pemeriksaan medis, Yusuf sudah lama menderita penyakit TB," ujar Harun Nyak Itam Abu, Ketua TPM Poso.
Tak Diautopsi
Dokter Kesehatan di Kepolisian Daerah (Polda) Sulteng , Kompol dr Haris mengatakan semula jenazah Yusuf akan diautop- si namun keluarganya menolak.
Yusuf divonis 9 tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena dinyatakan terbukti terlibat pembunuhan warga Poso, I Nyoman Sumaryasa pada 29 Mei 2001.
Yusuf juga didakwa terlibat pembunuhan Briptu Agus Sulaiman serta penembakan mantan Kapolres Poso, AKBP Rudy Sufariady. Sedikitnya ada 12 kasus kekerasan di Poso yang dituduhkan pada Yusuf terlibat di dalamnya.
Yusuf dikebumikan di pekuburan umum Lawanga Poso. Ribuan warga Poso menghadiri prosesi pemakaman Yusuf termasuk Kapolres Poso AKBP Adheni Muhan serta para pejabat teras lainnya di daerah ini. [128]
Last modified: 25/1/08

No comments: