Friday, May 18, 2007

SUARA PEMBARUAN DAILY
Peringatan Kenaikan Isa Almasih di Palu dan Poso

[PALU] Peringatan kenaikan Isa Almasih di Palu dan Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis (17/5), diwarnai kegiatan ibadah di gereja-gereja dalam suasana penuh kesederhanaan.
Di Palu, dua gereja besar yakni Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) Jemaat Immanuel dan Gereja Katolik Santa Maria Palu dibuka sejak pagi hingga malam hari untuk pelayanan ibadah khusus perayaan kenaikan Isa Almasih.
Di kedua gereja tersebut pada puncak ibadah dilaksanakan upacara perjamuan kudus dan memakan roti tidak beragi oleh seluruh jemaat. Upacara ini sebagai simbol pengakuan dosa dan memperoleh pengampunan dari Tuhan Yesus Kristus, Juru selamat dunia.
Di Poso dilaporkan gereja-gereja juga penuh sesak dengan umat kristiani yang merayakan ibadah memperingati hari kenaikan Isa Almasih.
Warga dengan khidmat mengikuti ibadah dan tampak polisi juga masih berjaga-jaga di semua gereja yang melaksanakan ibadah.
Namun, sejak polisi dengan tegas menangkap para pelaku kerusuhan dan teror di Poso, situasi keamanan di daerah ini sejak Februari terus aman dan kondusif.
Tidak pernah lagi terdengar bunyi ledakan bom dan penembakan yang membikin trauma warga.
"Kami merasakan suasana yang damai dan sangat aman, belum pernah suasana seperti ini terjadi sejak 8 tahun konflik Poso pecah Desember 1998. Terima kasih Tuhan, engkau telah menjawab doa-doa kami," kata Evi, se orang warga Poso. [128]
Last modified: 18/5/07

No comments: