Tuesday, October 16, 2007

SUARA PEMBARUAN DAILY
Perayaan Idul Fitri di Poso
Masyarakat Kristen Kunjungi Warga Muslim


[POSO] Perayaan Idul Fitri 1428 H di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) diwarnai kunjungan silahturahmi kaum kristiani ke rumah-rumah warga muslim yang tengah merayakan hari lebaran.
Kunjungan seperti ini baru untuk pertamakalinya terjadi dalam 10 tahun terakhir sejak pecah konflik di daerah itu Desember 1998.
Mulai dari warga biasa hingga kaum pejabat khususnya yang beragama kristiani bertandang ke rumah-rumah sahabat mereka yang tengah merayakan hari kemenangan Idul Fitri.
Dalam kunjungan itu, mereka saling berpelukan dan bermaaf-maafan satu sama lain. Situasi itu membuat suasana Idul Fitri di Poso terasa lebih bermakna dan kebekuan diantara kedua komunitas semakin mencair.
Amir Kiat, salah seorang warga Poso mengaku sangat terharu men- dapat kunjungan dari saudara-saudaranya warga Kristen.
"Kami sudah lama merindukan suasana seperti ini bisa terjadi lagi. Sudah 10 tahun kami tidak pernah bisa saling mengunjungi karena adanya rasa ketakutan yang tercipta diantara masyarakat. Kami warga muslim sangat bersyukur pada Allah Swt karena saudara-saudara kami dari Kristen mau datang berkunjung dan mereka tidak takut lagi," ujar Amir yang juga Kepala Bagian Informasi dan Komunikasi (Infokom) Pemerintah Kabupaten Poso.
Herua Kawu (76), seorang warga Kristen yang tengah bersilahtruahmi di salah satu rumah warga muslim menyatakan tahun 2007 ini mereka tidak lagi merasa takut karena yakin situasi Poso sudah jauh lebih aman.
"Di hari raya lebaran ini, saya merasa senang dan tak ada keragu-raguan lagi. Saya anggap kita ini adalah bersaudara. Kita berusaha supaya Poso ke depan lebih aman, damai dan maju lagi," katanya.
Hari raya lebaran di Poso secara umum berjalan aman dan damai. Ibadah Salad Ied sebagai puncak hari raya Idul Fitri, Sabtu (13/10) dipusatkan di Lapangan Sintuwu Maroso Poso dihadiri ribuan warga muslim di daerah itu.
Demikian juga di Kota Palu, ibu-kota Sulteng, suasana lebaran berjalan aman dan damai. Gubernur Sulteng HB Paliudju bersama seluruh Muspida melaksanakan sembahyang Idul Fitri bersama di Halaman Masjid Agung Palu. [128]
Last modified: 16/10/07

No comments: