Sunday, November 18, 2007

Kompas, Minggu, 18 November 2007
BAHAN PELEDAK
Sebanyak 67 Rangka Bom Ditemukan di Poso

Palu, Kompas - Sebanyak 67 rangka (casing) bom di Kelurahan Tegal Rejo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, ditemukan tim penjinak bahan peledak (jihandak) dari Brigade Mobil Kelapa Dua, Jakarta, yang sedang bertugas di wilayah itu, Sabtu (17/11). Di lokasi yang sama juga ditemukan sepucuk senjata api rakitan laras panjang.
Rangka bom yang ditemukan terbuat dari pipa besi diameter lima sentimeter dan panjang 15 sentimeter. Ukuran rangka bom itu tergolong besar dan mampu menampung bahan peledak yang cukup banyak.
Namun, di sekitar lokasi, tim jihandak tidak menemukan material lain yang biasanya digunakan untuk merakit bom, seperti bahan peledak, kabel, baterai, detonator, dan jam pengatur waktu ledakan (timer).
Rangka bom ini pertama kali ditemukan Andika (9), warga Tegal Rejo. Kemarin, sekitar pukul 11.00, Andika sedang bermain di kebun jati, tidak jauh dari rumahnya. Di bawah timbunan genteng rumah yang sudah pecah-pecah, ia melihat tumpukan pipa-pipa besi.
Andika lalu mengambil sebuah pipa dan menunjukkan kepada ayahnya, Salim (40-an). Curiga dengan pipa besi itu—karena sering digunakan warga Poso untuk membuat bom rakitan—Salim melaporkan temuan putranya itu ke Polres Poso. Laporan itu langsung ditindaklanjuti tim jihandak sekitar pukul 15.00. Setelah menggali timbunan genteng, tim jihandak menemukan 67 rangka bom dan satu buah senjata api rakitan laras panjang.
Kepala Polres Poso Ajun Komisaris Adeni Muhan menduga rangka bom itu sudah disimpan pemiliknya dalam jangka waktu cukup lama. Diperkirakan, sampai saat ini masih cukup banyak senjata api dan bahan peledak yang tersimpan di tempat tertentu. Warga yang menyimpan atau mengetahui keberadaan benda berbahaya tersebut diminta segera melaporkannya kepada polisi. (REI)

No comments: