Monday, November 19, 2007

SUARA PEMBARUAN DAILY , 19/11/07
Ditemukan, 67 Bahan Rakitan Bom di Poso

[PALU] Dua hari setelah penemuan granat nenas di kantor BRI Cabang Palu, pada Sabtu (17/11) petang, aparat kembali menemukan 67 cashing bom (wadah utama untuk merakit bom) dan satu popor senjata rakitan di kawasan perkebunan kayu jati Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).
Cashing bom yang ditemukan berupa potong-potongan pipa besi berdiamater sekitar 5 sentimeter (cm) dan panjang sekitar 5 cm. Barang berbahaya itu dibungkus dalam karung dan disembunyikan di bawah tumpukan atap genteng di kebun tersebut. Di tempat yang sama juga ditemukan satu popor senjata api rakitan laras panjang.
Menurut Kepala Kepolisian Resor Donggala, AKBP Adheni Muhan, benda-benda itu ditemukan pemilik kebun, Andika saat sedang berjalan-jalan dalam kebunnya Sabtu petang yang berjarak sekitar 100 meter dari pemukiman penduduk di Tegalrejo, Poso.
Namun, karena curiga, Andika bersama keluarganya langsung melaporkan kejadian itu ke polisi.
Menurut Muhan, potongan-potongan pipa besi diduga sebagai sisa-sisa bahan bom rakitan saat kerusuhan Poso. Namun benda-benda itu karena masih berupa potongan pipa, maka belum bisa meledak.
Kapolres mengucapkan terima kasih kepada warga yang dengan sadar melaporkan ke polisi setiap kejadian mencurigakan di sekitarnya.
Sabtu petang, Polres Poso juga menerima penyerahan 4 pucuk senjata api laras panjang, 1 pucuk laras pendek, 114 butir amunisi serta tiga buah grendel (kokang) senjata. [128]
Last modified: 18/11/07

No comments: