Thursday, February 02, 2006

Keluarga Tibo cs Laporkan 16 Pelaku Kerusuhan Poso
Kamis, 02 Pebruari 2006 08:15 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Keluarga Tibo, Domingus, dan Marianus terpidana mati kasus kerusuhan Poso melaporkan enam belas orang yang diduga sebagai pelaku kerusuhan di Sulawesi Tengah, ke Markas Besar Kepolisian RI, Rabu (1/2). Mereka didampingi Tim Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia.

Enam belas orang yang dilaporkan itu adalah; Janes Simangunsong, Paulus Tungkanan, Angky Tungkanan, Lempa Delly, Erik Rombot, Yahya Patiro, Sigilipu, Ladue, Obed, Sarjun, herry banibi, Guntur Taridji, Ventje Angkaw, Theo Mandayo, Son Ruagadi,dan Bate Lateka.

Disamping melaporkan enam belas nama itu, kehadiran keluarga terpidana mati ke Mabes polri ini untuk meminta pihak penegak hukum agar segera mengusut tuntas otak dan pelaku kerusuhan Poso yang sebenarnya. “Kami yakin bahwa Tibo, dan kedua temannya yang saat ini ditahan bukanlah pelaku yang utama seperti yang dituduhkan,” kata Roy Rening dari Pelayan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia yang mendampingi ketiga keluarga terpidana mati kasus Poso.

Enam belas nama yang dilaporkan ke Mabes tersebut, tergabung dalam sebuah kelompok dengan nama “Kelompok Merah”. Dari nama-nama itu, menurut Roy dua diantaranya sangat mencolok, dan terindikasi kuat terlibat dalam kasus Poso tahun 2000 lalu.

Mereka adalah Janis Simangunsong, dan Paulus Tungkanan yang bertindak sebagai provokator kerusuhan pada sekitar pertengahan Mei 2000. “Berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di persidangan, saudara Tibo Cs hanyalah merupakan kambing hitam dari permainan aktor intelektual keenam belas orang tersebut,” kata Roy. (Erwin Dariyanto)

No comments: