Thursday, February 02, 2006

Tibo Cs Beber 16 Nama Otak Kerusuhan Poso
Komentar, 2 Feb 2006

Keluarga terpidana kerusuhan Poso, Tibo cs, Rabu (01/2) kemarin, menyerahkan tiga bundel dokumen kepada Mabes Polri. Dalam dokumen tersebut terdapat 16 nama sebagai otak kerusuhan Poso Jilid III, Mei 2000 silam.

“Mereka oleh warga Poso dikenal dengan nama kelom-pok merah,” kata Roy Rening usai memberikan laporan kepada Bareskrim Mabes Polri, Jln Trunojoyo, Jakarta Selatan. Roy sendiri merupakan koor-dinator pengacara tiga terpi-dana mati kasus kerusuhan Poso, yakni Fabianus Tibo, Dominggus da Silva, dan Marinus Riwu.

Tim pengacara dari Pelaya-nan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian (Padma) Indo-nesia ini menyampaikan 16 nama tersebut kepada Kaba-reskrim Mabes Polri Komjen Pol Makbul Padmanegara.

Ke 16 orang tersebut adalah Janis Simangunsong, Paulus Tungkanan, Angki Tungkanan, Lempa Delli, Erik Rombot, Yahya Patiro, Sigilipu, Ladue, Obet Tampay, Sarjun, Heri Banidi, Guntur Saridji, Ventje Angkau, Theo Mandayo, Son Ruwagadi, dan Base Lateka.

Roy menceritakan keterkait-an antara Janis dengan Tibo dalam kerusuhan tersebut. Dituturkan, pada pertengahan Mei 2000, Janis yang mengaku sebagai utusan dari Tentena mendatangi Tibo di Morowali dan mengatakan Gereja Kato-lik Santa Theresia di Poso akan dibakar, selain itu pastor serta anak-anak penghuni panti asuhan akan dibunuh oleh kelompok putih.

Tibo yang anaknya berada di panti asuhan langsung menuju Poso bersama Marinus dan Do-minggus serta yang lainnya hingga saat terjadinya keru-suhan. “Karena kerusuhan ter-sebut, mereka tidak bisa kem-bali, karena dihadang pasu-kan. Akhirnya mereka terpeta konflik dalam kasus ini,” tuturnya.

Roy menambahkan, ada upa-ya untuk melibatkan kaum transmigran oleh otak kerusu-han dalam konflik Poso ini. “Tibo itu transmigran dari NTT dan tinggal di Morowali telah 30 tahun. Dia itu petani dan jempolnya putus. Bagaimana dia pegang parang untuk mem-bunuh?” cetus Roy seperti dilansir detik.com.

Ketika ditanya wartawan, apakah ada aparat keamanan yang terlibat dalam kerusuhan, Roy membenarkan hal itu. Namun dia tidak bersedia menjelaskan apakah berasal dari TNI atau Polri. “Ada indikasi ke arah situ. Dari dokumen yang kami sampai-kan, pokoknya aparat keaman-an,” ungkapnya singkat.(dtc/kcm)

16 Nama yang Dibeber Tibo Cs:
Janis Simangunsong
Paulus Tungkanan
Angki Tungkanan
Lempa Delli
Erik Rombot
Yahya Patiro
Sigilipu
Obet Tampay
Ladue
Sarjun
Heri Banidi
Guntur Saridji
Ventje Angkau
Theo Mandayo
Son Ruwagadi
Base Lateka.

No comments: