Wednesday, May 10, 2006

SUARA PEMBARUAN DAILY
Warga Poso Tolak Ditangkap Polisi

[PALU] Warga Poso, khususnya di sekitar Kelurahan Lawanga, Kecamatan Poso Kota Selasa pagi (9/5) melakukan aksi berjaga di sekitar rumahnya. Mereka menolak penangkapan Taufik Bulaga (25) yang oleh polisi dicurigai sebagai pelaku pembunuhan warga di Poso.

Sebagian dari warga tersebut berkosentrasi di pos-pos kamling dan matanya liar menatap setiap orang yang tidak dikenal lewat di tempat itu. Namun warga tidak memegang parang atau pun senjata tajam. "Kami hanya siap-siap kalau polisi datang apalagi mau menangkap saudara kami Taudik dengan alasan tidak jelas, kami tidak terima dan akan melawan," kata Dali Bulaga, kakak kandung Taufik di Poso Selasa pagi.

Pada Senin (8/5), warga di kelurahan itu mengamuk. Mereka membakar dua sepeda motor milik anggota Detasemen Khusus 88 Mabes Polri dan memukuli seorang di antaranya hingga babak belur. Tindakan anarkis dilakukan karena warga tidak terima pada cara pasukan anti teror yang hendak menangkap Taufik saat dalam perjalanan pulang sehabis sholat subuh di Masjid Lawanga.

Menurut Dali, cara anggota Densus sangat tidak prosedural, tidak bersahabat. [128]

No comments: