Wednesday, April 18, 2007

SUARA PEMBARUAN DAILY
Presiden Resmikan 3 Proyek Besar di Poso

[PALU] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 30 April dan 1 Mei akan berkunjung ke Poso dan Palu. Di Poso akan meresmikan dimulainya pembangunan tiga proyek besar, yakni pembangunan pondok pesantren modern di Tokorondo, Kecamatan Poso Pesisir serta panti asuhan dan sekolah dasar di Tentena, Kecamata Lore Utara, Kabupaten Poso.
Sedangkan di Palu, selain meninjau sejumlah proyek nasional, pemberdayaan masyarakat miskin, Presiden Yudhoyono juga akan meresmikan proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Mpanau dan Jembatan Teluk Palu yang menelan investasi sekitar Rp 350 miliar serta membuka Simposium Pemuda Indonesia tentang Resolusi Konflik.
Untuk memantapkan rencana kunjungan tersebut, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Senin (16/4) selama dua hari datang ke Palu dan Poso. Di kedua daerah ini, Aburizal mengadakan pertemuan dengan jajaran pemerintah, tokoh masyarakat, agama, dan pemuda di daerah ini.
Menurut Aburizal, salah satu persiapan yang menjadi pertimbangan adalah faktor keamanan. "Tapi, tadi saya sudah dapat jaminan dari Kapolda dan Kepala Staf Korem di sini bahwa situasi keamanan cukup kondusif untuk dikunjungi presiden," katanya seusai pertemuan tertutup dengan Gubernur Sulteng HB Paliudju, Ketua DPRD Murad Nasir, Kapolda Brigjen Pol Badrodin Haiti, Kasrem 132/Tadulako Letkol Inf Alfred serta sejumlah kepala daerah tingkat II di Sulteng, Senin siang, di Palu. Hari Selasa pagi, Abu Rizal melanjutkan pertemuan di Poso dan Tentena.
Pemerintah memberi perhatian khusus bagi upaya percepatan pembangunan Sulteng, termasuk Poso pascakonflik. Gubernur Paliudju telah diminta membuat rancangan program percepatan pem- bangunan Sulteng, dan bulan Juli sudah bisa dipresentasikan di hadapan Presiden Yudhoyono di Jakarta agar bisa direalisasikan secepatnya.
Salah satu proyek pemberdayaan masyarakat miskin yang akan ditinjau Presiden Yudhoyono dalam kunjungannya ke Palu, yakni mesin sepeda motor yang berhasil diciptakan dengan menggunakan bahan bakar campuran air dan bensin. [128]
Last modified: 16/4/07

No comments: