Saturday, July 01, 2006

SUARA PEMBARUAN DAILY
Ribuan Pengungsi Poso Masih Tinggal di Barak
[PALU] Ribuan warga Poso, Sulawesi Tengah, saat ini masih tinggal di barak-barak sebagai pengungsi. Sebagian besar mengaku masih enggan kembali ke rumah asalnya karena merasa belum yakin dengan jaminan keamanan. Sementara sebagian lagi belum mendapat jatah bantuan perumahan dari pemerintah.
Para pengungsi Poso yang masih tinggal di barak-barak terutama di kawasan Kecamatan Poso Pesisir dan Lage. Mereka umumnya adalah warga Kecamatan Poso Kota dan Tentena, Kecamatan Lore Utara. Sebagian lagi bertahan di daerah Napu, Kecamatan Lore Selatan dan Kota Palu, ibu kota Sulteng.
"Untuk sementara kami masih belum mau kembali ke Poso. Kami belum yakin sepenuhnya dengan jaminan keamanan jika kembali ke sana," kata Ny Togani, pengungsi Poso yang masih bertahan di Napu, sekitar 110 kilometer dari Poso.
Data dari Dinas Kesejahteraan Sosial Poso memperkirakan jumlah warga Poso yang masih mengungsi sampai saat ini mencapai 5.000 keluarga atau sekitar 25.000 jiwa. Kehidupan mereka sangat menyedihkan. Tidur di kamar yang hanya berukuran 4 x 4 meter, berdinding papan, atap seng, beralaskan tanah dan sebagian besar sudah reyot karena hanya dibangun secara darurat sejak tahun 2002.
Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesos) Sulteng, Sahsan Tiangso yang dikonfirmasi Jumat (30/6) pagi mengatakan data riil mengenai jumlah pengungsi Poso masih sedang dihitung kembali.
"Tolong bisa beri saya waktu beberapa hari ini untuk mendapatkan data akurat," kata Sahsan. [128]
Last modified: 30/6/06

No comments: