Wednesday, January 11, 2006

Bom Hampa Meledak di Depan Kantor Satgas Poso
Kompas online, Palu, Rabu, 11 Januari 2006, 00:00 WIB

Sebuah bom hampa meledak di depan Kantor Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Poso yang terletak di Jalan Pulau Timor Kelurahan Gebang Rejo, kota Poso, Selasa (10/1) malam

Ledakan bom di depan kantor lembaga bentukan Menko Polhukam itu terjadi sekitar pukul 20.30 Wita dan letusannya terdengar hingga radius 500 meter. Tidak ada korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat ledakan tersebut.

Sesaat setelah kejadian polisi yang tiba di tempat kejadian perkara (TKP) langsung melakukan penyisiran, memasang garis polisi (police line) serta melakukan olah TKP.

Kapolres Poso AKBP Supharyadi mengatakan, ledakan di depan Kantor Satgas Poso yang dipimpin Brigjen Pol Bambang Suedi itu merupakan teror, namun pelaku dan motif peladakan masih dalam penyelidikan polisi.

"Penyelidikan masih berlangsung, yang jelas ini teror," katanya.

Sebelumnya, keberadaan Satgas Poso di bekas daerah konflik itu oleh sebahagian tokoh masyarakat setempat dinilai tidak efektif sebab pola kerjanya sama dengan kepolisian, yakni penyidikan kasus kekerasan.

"Masalah keperdataan masyarakat pasca konflik tidak tersentuh, Satgas hanya sibuk mengurusi kasus kekerasan terbaru yang juga sudah ditangani polisi," kata Ketua Forum Silatuhrahmi dan Perjuangan Ummat Islam Poso, Adnan Arsal.

Ketua Majelis Sinode GKST (Gereja Kristen Sulteng) Pendeta Damanik menyatakan satgas Poso belum menyentuh persoalan Poso secara konprehensif sebagaimana yang diamanatkan dalam instruksi presiden.

Sumber: Ant
Penulis: Dna

No comments: