Tuesday, January 10, 2006

Dua Peleton Anggota Polda NTB Ditempatkan di Poso
Selasa, 10 Januari 2006 02:27 WIB

TEMPO Interaktif, Mataram:Sedikitnya 48 personel atau dua peleton anggota Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi ditempatkan ke Polres Poso, Sulawesi Tengah. Penempatan itu sesuai telegram Mabes Polri ke Polda NTB untuk alasan kebutuhan polisi dan tingkat kerawanan daerah.

Para polisi tersebut merupakan lulusan Sekolah Polisi Negara (SPN) Singaraja Bali dan dari SPN Belanting, Lombok Timur, NTB. Mereka baru lulus pendidikan Sekolah Calon Bintara (Secaba) tahun 2004-2005 lalu.

Menurut Ajun Komisaris Besar Mohammad Basri, Juru Bicara Polda NTB, telegram dari Mabes Polri sudah turun, tinggal pelaksanaan pengiriman dua peleton anggota itu ke Poso. "Mungkin pengirimannya pada pekan-pekan ini," tegasnya saat dihubungi di kantornya kemarin.

Penempatan dua peleton itu dilakukan pada upacara internal. Nantinya, mereka akan resmi menjadi anggota organik Polda Sulawesi Tengah. "Ini pemerataan anggota Polri. Selain juga alasan lain, daerah rawan konflik," kata Basri.

Secara resmi, Polda NTB memang belum pernah mengirimkan anggota ke Polda Sulawesi Tengah dalam jumlah banyak. Tetapi, secara personal ada beberapa anggota polisi dari NTB yang dikirimkan ke kawasan konflik seperti di Kabupaten Poso. Alasannya, karena saat itu jumlah personel Polda NTB juga masih kurang.

Tetapi, dengan telah berdirinya SPN di Belanting, Lombok Timur, kemungkinan polisi yang telah lulus akan memenuhi permintaan penempatan di sejumlah daerah, khususnya di Indonesia bagian timur.

Personel Polda NTB justru kerap dikirim ke Ambon dan ke Nanggroe Aceh Darussalam. Misalnya pada pertengahan tahun 2004, anggota Brimob Polda NTB juga dikirim ke dua daerah yang saat itu masih rentan konflik.

sujatmiko

No comments: