Tuesday, March 13, 2007

SUARA PEMBARUAN DAILY
DBD Serang Warga Poso

[PALU] Wabah demam berdarah dengue (DBD) menyerang warga Poso. Di sana telah ditetapkan sebagai daerah dengan kasus kejadian luar biasa (KLB) DBD, setelah sebelumnya Palu dinyatakan berstatus serupa.
Demikian Kepala Dinas Kesehatan Poso melalui Kepala Seksi Pemberantasan Penyakit Menular (P2M), Kisman Dg Matikke Selasa (13/3) mengatakan, dalam kurun dua bulan ini, wabah DBD tiba-tiba menyebar secara ganas di 10 desa/kelurahan yang selama ini belum pernah terjangkit DBD. Penetapan status KLB DBD di Poso menyusul penyebaran wabah penyakit tersebut yang meningkat tajam antara Februari - Maret hingga men-capai 19 kasus.
Ke-10 desa/keluarahan antara lain Kelurahan Tegal Rejo, Bonesompe, Lawanga, Moengko Baru (Kecamatan Poso Kota) dan Desa Togolu (Kecamatan Lage).
"Dengan melihat kondisi tersebut maka kita langsung menetapkan Poso sebagai status KLB DBD," kata Kisman yang dikonfirmasi Selasa pagi di Poso.
Para korban yang terserang penyakit yang belum ada obatnya saat ini dirawat di RSU Poso. Para korban umumnya anak-anak berusia 2-10 tahun. Sejumlah orang tua korban yang menjaga anaknya di rumah sakit mengaku awalnya anaknya mengalami demam panas tinggi.
Suster Wayan Sutarmi, Kepala Ruangan Perawatan RSU Poso mengaku dalam dua bulan ini pihaknya melayani hingga 19 penderita DBD yang dirujuk ke satu-satunya rumah sakit umum milik pemerintah di daerah itu. Hingga Selasa pagi, sembilan pasien masih dirawat di RSU Poso, namun Kondisinya makin membaik. Menurutnya, pasien itu berasal dari Kel Tegalrejo, Poso kota yang terserang wabab DBD paling parah di daerah itu. [128]
Last modified: 13/3/07

No comments: