Tuesday, February 27, 2007

KCM, Selasa, 20 Februari 2007 - 17:14 wib
Rumah Pengungsi Poso Selesai Bulan Ini
Laporan Wartawan Kompas Reinhard Marulitua N

PALU, KOMPAS - Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, pembangunan 1.009 rumah pengungsi korban konflik Poso dipastikan selesai bulan ini. Hal itu disampaikan Komandan Komando Resor Militer 132/Tadulako Kolonel Husein Malik, Selasa (20/2).
Husein mengatakan, pembangunan 1.009 rumah pengungsi Poso sudah rampung 96 persen. Tinggal penyelesaian akhir yang membutuhkan waktu lebih kurang satu minggu lagi.
Menurutnya, sekitar 40 persen dari rumah yang sudah selesai dibangun telah ditempati pengungsi. Kepada pengungsi lain yang sudah terdata diminta segera menghubungi Dinas Sosial Poso agar segera bisa menempati rumah yang telah selesai dibangun.
Setelah mengalami penundaan beberapa kali, di antaranya karena kasus korupsi Dana Kemanusian Poso, pembangunan 1.009 rumah pengungsi Poso dimulai sejak November 2006 lalu. Pembangunan melibatkan sekitar 600 personil TNI.
Rumah yang dibangun di 12 kecamatan di Poso itu adalah rumah semi permanen yang masing-masing terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang keluarga, dapur, dan satu kamar mandi. Masing-masing rumah yang dibangun dengan biaya Rp 15 juta itu akan menjadi milik pengungsi.

No comments: