Tuesday, February 27, 2007

Warga Poso Mulai Mendapat Kucuran Dana
Laporan Wartawan Kompas Suhartono, Selasa, 27 Februari 2007 - 19:19 wib

JAKARTA, KOMPAS--Pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten Poso, mulai mengucurkan dana puluhan miliar kepada warga Poso, untuk dapat memulihkan segera kondisi infrastruktur, perekonomian dan sosial warga Poso, Palu, Sulawesi tengah, Pemberian dana itu akan dan telah dikucurkan dalam periode sejak Februari ini hingga Maret mendatang. Dana yang diberikan mencapai puluhan miliar. Terhadap pengembangan Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UKMK) di Poso, pemerintah pusat segera mengucurkan dana sebesar Rp 58 miliar pada Maret. Untuk perbaikan listrik dan penerangan pemukiman, pemerintah Kabupaten Poso telah mengucurkan dana sekitar Rp 400 juta.
Menurut Bupati Poso Piet Inkiriwang, yang ditanya pers, seusai melaporkan kondisi terakhir Poso kepada Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Selasa (27/2) sore di Istana Wapres, Jakarta, sebanyak 317 kepala juga telah mendapat bantuan sandang dan pangan sebesar Rp 1,2 miliar atau setiap KK mendapat dana sekitar Rp 4 juta per bulan.
Wapres Kalla pernah menyatakan, proses penyelesaian dan perdamaian pasca konflik vertikal di Poso, tidak melulu diselesaikan secara stabilitas dan keamanan, akan tetapi juga secara pendekatan kesejahteraan dan perekonomian.
”Kami juga sudah menyediakan dana sekitar Rp 1,2 miliar bagi perbaikan lingkungan dan fasilitas lainnya seperti mesjid dan lainnya. Dana itu, termasuk juga kepada keluarga berasal dari bantuan Departemen Sosial,” ujar Piet.
Adapun perumahan yang rusak setelah terjadinya konflik, Piet menyatakan atas bantuan Depsos pula, Tentara Nasional Indonesia (TNI) sekarang ini juga sudah membangun rumah sebanyak 1009 unit rumah. ”Kita masih kekurangan sekitar 1.000 unit rumah. Rencananya, kita juga akan menambah lagi sampai 500 unit rumah lagi,” tambah Piet.

No comments: