Friday, August 04, 2006

Ledakan Keras Mengguncang Poso
Laporan Wartawan Kompas Reinhard Marulitua N, 3 Agustus 2006

PALU, KOMPAS - Sebuah ledakan cukup keras mengguncang Poso, Sulawesi Tengah, Kamis (3/8), sekitar pukul 20.45 Wita. Sumber ledakan berada di sekitar Kompleks Gedung Olah Raga Poso, Jalan Brigjen Katamso, Kelurahan Kasintuwu, Poso.
Ledakan yang terdengar sampai radius satu kilometer itu mengakibatkan warga Poso panik dan berhamburan keluar rumah. Ratusan warga Poso langsung menuju lokasi ledakan mencari tahu apa yang terjadi.
“Ledakan keras sekali. Saya sudah mau tidur. Tapi mendengar ledakan, saya langsung meloncat dari tempat tidur dan berlari keluar rumah,” kata Bayu (27), warga Kasintuwu, Poso.
Bayu mengatakan, beberapa menit setelah ledakan, puluhan anggota Kepolisian Resor Poso langsung menuju Kompleks GOR Poso mencari titik dan sumber ledakan. Sampai pukul 22.00 Wita, polisi masih mencari titik dan sumber ledakan. Pencarian itu dibantu sejumlah warga Poso yang berada di sekitar lokasi ledakan.
Pihak kepolisian belum memberikan keterangan apakah titik dan sumber ledakan sudah ditemukan. Namun, warga Poso menduga ledakan berasal dari sebuah bom.
Namun, Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Brigjen (Pol) Oegroseno membantah itu ledakan bom. Sebab, setelah diteliti di lokasi ledakan, tidak ada sisa-sisa ledakan yang berasal dari sebuah bom. Karena itu, diperkirakan ledakan bersumber dari petasan.

No comments: