Saturday, August 12, 2006

Malam Renungan untuk Tibo Cs
Jumat, 11 Agustus 2006 - 19:07 wib

KUPANG, JUMAT-Ribuan umat dari berbagai agama di provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT), Jumat (11/8) malam mengikuti malam renungan kemanusiaan bagi tiga terpidana mati kasus Poso Fabianus Tibo, Marianus Riwu dan Dominggus da Silva. Malam renungan itu berlangsung mulai pukul.18.00-00.15 wita atau Sabtu (12/8) dini untuk mendoakan Tibo dan kawan-kawan yang akan menjalani eksekusi mati.
Di Kabupaten Belu seperti yang disampaikan Sekretaris Forum Kerjasama Pemimpin Agama (FKPA) Goris Am, malam renungan untuk doa bersama akan berlangung mulai pukul.20.00 Wita hingga pukul 00.15 Wita atau waktu eksekusi. Renungan malam ini akan berlangsung di lapangan umum Kota Atambua, dan dihadiri umat dari berbagai agama yang ada di Kabupaten Belu dan Timor Tengah Utara.
Sementara di Kabupaten Ende, daerah kelahiran Fabianus Tibo, ribuan umat akan menggelar doa bersama di halaman kantor Kejaksaan Negeri Ende. "Sekarang ini ada ribuan orang yang masih berkumpul di halaman depan kantor Kejaksaan Negeri Ende. Mereka akan menunggu sampai malam pukul.00.00 wita untuk doa bersama," kata anggota DPRD Ende, Yustinus Sani melalui telepon.
Doa bersama pada malam ini hingga Sabtu dini hari juga berlangsung di Kabupaten Sikka, dan Flores Timur. Di Kupang, pusat ibukota provinsi NTT, malam renungan untuk Tibo Cs dilakukan pada pukul.18.00-19.00 Wita di halaman kantor Gubernur NTT.
Di depan kantor Gubernur NTT itu, umat dari berbagai agama menyalakan seribu lilin sebagai ungkapan penolakan terhadap eksekusi mati Tibo Cs. Romo Maxi Un yang memimpin doa malam renungan ini mengatakan, terangnya seribu lilin kemanusiaan akan mewakili pengharapan atas tegaknya nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan.Sumber: AntaraPenulis: Glo

No comments: