Saturday, August 19, 2006

Radar Sulteng, Jumat, 18 Agustus 2006
Eksekusi Tibo Cs Ngambang: Kejati Belum Jadwal Ulang

PALU - Eksekusi tiga terpidana mati kasus Poso mungkin tak bisa dilaksanakan tiga hari setelah HUT Kemerdekaan. Sebab, hingga kemarin belum ada pemberitahuan kepada para terpidana maupun keluarganya. Padahal, menurut aturan, eksekusi baru bisa dilaksanakan setelah tiga hari pemberitahuan.
Kapolri Jenderal Pol Sutanto menegaskan, eksekusi Fabianus Tibo, Marinus Riwu, dan Dominggus da Silva tidak akan dimundurkan lagi. Polda Sulawesi Tengah telah siap melaksanakan putusan pengadilan. Namun, yang berwenang mengeksekusi adalah Kejati Sulteng.
Kajati Sulteng Jahja Sibe mengakui, hingga kemarin belum ada penjadwalan kembali eksekusi Tibo cs. Penjadwalan kembali itu pun tidak bergantung pada batasan waktu. ’’Yang diatur dalam undang-undang adalah tiga hari setelah penyampaian barulah eksekusi dilaksanakan,’’ katanya kemarin.
Dia malah bingung mengenai alasan penundaan. Kejati dan Polda Sulteng sebenarnya telah siap sepenuhnya. Tapi, Jakarta menunda eksekusi tersebut sampai tiga hari setelah peringatan HUT Kemerdekaan.
’’Mengenai 17-an, saya sendiri nggak ngerti. Nggak ada dalam undang-undang. Yang ada, tiga hari setelah penyampaian, barulah dilaksanakan eksekusi. Tapi, kan sudah ditunda. Berarti harus dijadwalkan kembali,’’ tandasnya lagi.
Eksekusi Tibo cs semula direncanakan 12 Agustus pukul 00.15. Namun, beberapa saat sebelum eksekusi, Kapolri mengumumkan bahwa eksekusi ditunda dengan alasan bangsa Indonesia sedang sibuk menyambut HUT Kemerdekaan. Eksekusi baru bisa dilaksanakan maksimal tiga hari setelah 17 Agustus.
’’Saya kira tidak ada lagi (penundaan, Red). Polda kan sudah mempersiapkan,” ujar Sutanto usai Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka kemarin. Dia tidak mau membeber kepastian waktu pelaksanaan eksekusi karena kewenangan di tangan Kapolda setelah berkoordinasi dengan Kejaksaan Tinggi Sulteng.
Kapolda Sulteng Brigjen Pol Oegroseno mengatakan, kepolisian dan Kejati Sulteng tengah memilih hari yang tepat. Regu tembak Brimob Polda Sulteng sudah siap sepenuhnya. ’’Eksekusi tidak akan terpengaruh oleh pihak luar,’’ tegasnya. (hnf/noe/ala)

No comments: