Tuesday, January 23, 2007

Dua SSK Brimob Dikirim ke Poso
KCM, Selasa, 23 Januari 2007 - 14:41 wib

PALU, SELASA - Sebanyak dua SSK (Satuan Setingkat Kompi) anggota Brimob Kelapa Dua Jakarta dikerahkan ke Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk memperkuat pengamanan di wilayah yang sepekan terakhir kembali memanas, menyusul upaya penangkapan orang-orang yang masuk DPO (Daftar Pencarian Orang) polisi yang mendapat perlawanan warga sipil bersejata.
Pasukan elit Polri ini dipimpin Kompol Gatot selaku Kepala Detasemen serta AKP Muhammad Tedjo dan Iptu Iwan masing-masing sebagai Komandan Kompi, tiba di Bandara Mutiara Palu, Selasa (23/1) siang, dengan menumpang tiga pesawat Hercules milik TNI-AU.
Kedatangan anggota Brimob itu diterima Wakapolda Sulteng Kombes Pol Drs I Nyoman Sindra didampingi sejumlah pejabat teras Mapolda Sulteng dan Brimob setempat.
Setelah dilakukan upacara penyambutan dengan inspektur upacara I Nyoman Sindra, seluruh pasukan tambahan Brimob ini diberangkatkan ke kota Poso melalui darat dengan menumpang belasan kendaraan taktis Polri. Jarak dari Palu ke Poso sekitar 205 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh lewat darat sekitar lima jam.
Sebelumnya sudah ada sembilan SSK pasukan Brimob kiriman yang di BKO (Bawa Kendali Operasi)-kan di Mapolres Poso, sehingga dengan ketambahan dua SSK, total seluruh pasukan Brimob BKO di bekas daerah konflik itu sebanyak 11 SSK atau sekitar 1.100 orang personil.
Sembilan SSK Brimob yang dikerahkan ke Poso menjelang dan setelah eksekusi Fabianus Tibo dan kawan-kawan pada Oktober 2006 berasal dari Kelapa Dua Jakarta sebanyak tiga SSK, Polda Kalimantan Timur, Polda Sulawesi Utara dan Polda Sulawesi Selatan masing-masing dua SSK. Sementara jumlah personil Polisi dan TNI organik maupun nonorganik di Poso, termasuk di Kabupaten Tojo Unauna dan Morowali -- daerah pemekaran Poso -- berkisar 5.000 orang.Sumber: AntaraPenulis: Ima

No comments: