Thursday, January 18, 2007

SUARA PEMBARUAN DAILY
Masyarakat Harus Dukung Polri Tuntaskan Kasus Poso

[JAKARTA] Masyarakat harus mendukung Polri dalam menyelesaikan kekerasan di Poso, Sulawesi Tengah, terutama untuk menangkap sejumlah penjahat yang bersenjata api (daftar pencarian orang/DPO) yang masih berkeliaran di sana. Masyarakat juga diminta, tidak berburuk sangka dengan tindakan Polri dalam menangkap para penjahat itu.
Demikian dikatakan Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Sisno Adiwinoto kepada wartawan di Mabes Polri, Selasa (16/1).
Sisno mengatakan, salah bentuk dukungan masyarakat adalah tidak ikut bergabung atau mendukung kegiatan para penjahat bersenjata itu. "Jumlah dan kekuatan mereka sangat kecil, namun karena ada masyarakat yang mendukung, para penjahat itu me- rasa diri hebat dan bertindak seenak perut mereka," katanya.
Kalau masyarakat terus mendukung Polri dan TNI dalam menangkap para penjahat itu, maka kekerasan di Poso segera berakhir. Polri optimistis dalam waktu dekat 19 DPO yang masih berkeliaran di sana, ditangkap, kata dia.
Dikatakan, sampai Selasa (16/1), situasi di Poso dan sekitarnya, aman dan terkendali, walaupun masih ada beberapa titik kerawanan. "Kalau dikatakan mencekam, juga tidak. Karena, kehidupan di pasar, anak-anak sekolah bisa ke sekolah, lalulintas berjalan biasa. Jadi sebenarnya situasi Poso tidak mencekam," katanya.
Kalau ada penembakan di sana-sini di sana, hal itu bisa saja dilakukan para penjahat bersenjata dan pendukungnya, dengan pesan, mereka masih ada. "Dengan penembakan itu, mereka ingin berpesan kepada Polri dan TNI serta masyarakat, mereka masih ada," katanya. [E-8]
Last modified: 17/1/07

No comments: