Wednesday, January 24, 2007

Polisi Terus Kejar Anggota Kelompok Bersenjata Poso
Laporan Wartawan Kompas Reinhard Marulitua N
Selasa, 23 Januari 2007 - 22:32 wib

POSO, KOMPAS - Polisi masih terus mengejar anggota kelompok bersenjata yang terlibat bentrok dengan polisi di Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, Senin lalu. Anggota kelompok yang lebih dari 100 orang itu diperkirakan melarikan diri ke pegunungan.
Hal itu disampaikan Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigadir Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, di Poso, Selasa (23/1). “Polisi tetap melakukan pengejaran. Target utama yaitu anggota kelompok yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO),” kata Badrodin.
Namun, Badrodin menghimbau agar anggota kelompok bersenjata itu lebih baik menyerahkan diri daripada terus diburu polisi. Anggota kelompok bersenjata yang tidak mau menyerahkan diri dan tetap melakukan tindakan kekerasan akan ditindak tegas. Sebelumnya, Badrodin memerintahkan anggota Polda Sulteng yang bertugas di Poso menembak warga sipil bersenjata yang melakukan tindak kekerasan.
Selasa siang, tiga anggota kelompok bersenjata Gebang Rejo menyerahkan diri ke Markas Kepolisian Resor Poso. Mereka adalah Iswadi, Yasin, dan Pailun. Setibanya di Markas Polres Poso, ketiga orang itu langsung menjalani pemeriksaan.
Dengan demikian, anggota kelompok bersenjata yang ditahan di Markas Polres Poso berjumlah 26 orang. Saat terjadi bentrokan, polisi menangkap 23 anggota kelompok bersenjata.

No comments: