Wednesday, January 24, 2007

Gebang Rejo Masih Mencekam
Laporan Wartawan Kompas Reinhard Marulitua N
KCM, Selasa, 23 Januari 2007 - 22:39 wib

POSO, KOMPAS - Walaupun telah dikuasai aparat polisi, situasi di Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, masih mencekam. Warga Poso masih memilih untuk tidak melintas di kelurahan yang selama ini dilaporkan polisi sebagai basis sebuah kelompok bersenjata di Poso.
Berdasarkan pengamatan Kompas Selasa sore sampai malam, jalan-jalan di Gebang Rejo masih lengang. Hanya satu-dua kendaraan yang tampak melintas. Warga Gebang Rejo memilih tinggal di dalam atau halaman rumah.
Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Btrigadir Jenderal (Pol) Badrodin Haiti mengatakan, polisi telah menguasai dan dapat mengendalikan keamanan di semua wilayah Gebang Rejo. Selasa sore, ratusan polisi tampak berjaga-jaga di semua ruas jalan di Gebang Rejo. Hampir setiap 50 meter ada sejumlah aparat Brigadir Mobil yang bersiaga.
Semua kendaraan yang mencurigakan dihentikan dan diperiksa. Pengendara sepeda motor yang membawa tas diminta mengeluarkan isi tas.
Sementara, kondisi di kelurahan lainnya di Kecamatan Poso Kota sudah normal kembali. Warga sudah melakukan aktivitas seperti biasa. Sampai pukul 23.00 Wita masih banyak warung makan yang buka dan banyak warga yang tampak melintas di jalan-jalan utama.

No comments: