Wednesday, November 08, 2006

Menko Polhukam: Teroris Poso di Tengah Masyarakat
Laporan Wartawan Kompas Wisnu Nugroho A
Rabu, 08 November 2006 - 14:50 wib

JAKARTA, KOMPAS-- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Widodo AS mengungkapkan, pelaku kejahatan dan teror Poso, Sulawesi Tengah, saat ini berada di tengah-tengah masyarakat, karenanya dibutuhkan kontribusi dan dukungan terhadap upaya pengungkapannya.

"Memang realitasnya ada kelompok yang melakukan kejahatan bersenjata, teror, dan sebagainya. Pelaku-pelaku itu ada di lingkungan masyarakat," ujar Widodo sebelum rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta (8/11).

Ia mengemukakan, Tim Pencari Fakta (TPF) Tanah Runtuh yang diketuai Deputi IV Keamanan Nasional Budi Utomo telah berada di Poso sejak 1 November lalu, dan sudah bekerja. TPF sudah bertemu banyak pihak antara lain pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat. TPF juga sudah melihat tempat kejadian. "Saya kira TPF akan segera menyelesaikan pekerjaannya," ujarnya.

Widodo mengemukakan, apa yang tengah dilakukan harus menjadi bagian dari upaya pada aspek pengamanan di mana dapat mengungkap dan menangkap para pelaku kejahatan bersenjata dan teror. "Upaya-upaya harus dilakukan dan diorientasikan pada bagaimana kita bisa ungkap semua yang terjadi di Poso," ujarnya.

No comments: