Monday, November 06, 2006

Penanganan Poso
Kepala BIN: Tangkap, Jika Persuasif Gagal
Laporan Wartawan Kompas Suhartono
Senin, 06 November 2006 - 13:48 wib

JAKARTA, KOMPAS--Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Syamsir Siregar mengatakan, aparat Kepolisian Negara RI akan segera menangkap para pelaku teror yang nama-namanya sudah ada, jika upaya persuasif agar para pelaku diserahkan kepada aparat gagal.
Hal ini disampaikan Syamsir menjawab pers, sebelum mengikuti sidang kabinet paripurna pertama setelah Idul Fitri, Senin (6/11), di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta.
Pers sebelumnya bertanya perihal pernyataan Ketua Forum Umat Islam Poso, Sulawesi Tengah, yang tidak akan menyerahkan para pelaku teror kepada aparat. Alasannya, Adnan mengaku tidak pernah menjanjikan untuk menyerahkan para pelaku. Sementara, Polri pernah menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu nama-nama yang sudah diserahkan ke Adnan dapat diserahkan. "Kami masih menungu cara persuasif, supaya Adnan Arsal menyerahkan orang-orang tersebut," tandas Syamsir.
Menurut Syamsir, saat pertemuan dirinya dan pemerintah lainnya dengan tokoh-tokoh agama Islam seperti Adnan Arsal dan lainnya. "Kan, dia sanggup akan memberikannya pada waktu pertemuan. Waktu itu, dia minta nama-namanya diserahkan," katanya.
Syamsir mengaku sudah mengimbau agar Adnan melaksanakan komitmennya dengan pemerintah. "Pokoknya, harus ditegakkan dan mereka harus ditangkap," tandas Syamsir.

No comments: