Tuesday, October 31, 2006

Kodam Wirabuana Kirim Satun Batalyon ke Poso
Laporan Wartawan Kompas Dwi As Setianingsih
Senin, 30 Oktober 2006 - 20:04 wib

MAKASSAR, KOMPAS--Komando Daerah Militer VII/Wirabuana mengirim satu Batalyon pasukan ke Poso, Sulawesi Tengah, Senin (30/10) sore. Pasukan dilepas oleh Panglima Komando Daerah Militer VII/Wirabuana Mayor Jenderal Arief Budi Sampurno dan selanjutnya melakukan perjalanan menuju Poso melalui jalan darat.
Kepada wartawan Arief mengatakan, satu Batalyon pasukan yang dikirim ke Poso tersebut berasa ldari Batalyon Zeni Tempur 8 Kodam VII/Wirabuana yang terdiri dari 4 Satuan Setingkat Kompi (SSK). Pasukan ini tidak dikirim untuk misi pengamanan, namun untuk melaksanakan pembangunan 1.009 unit rumah yang diperuntukkan bagi masyarakat korban konflik Poso yang pecah sejak tahun 2001 lalu.
"Pasukan ini dikirim ke Poso bukan karena situasi Poso genting. Sekarang ini pengamanan sudah dilakukan oleh rakyat. Tugas TNI untuk membangun rumah-rumah itu," kata Arief. Pasukan ini akan berada di Poso selama kurang lebih 3-4 bulan untuk membangun perumahan yang tersebar di 68 desa di Poso, dibantu pasukan dari Batalyon 714 yang bermarkas di Poso.
"Rumah-rumah yang akan dibangun itu merupakan rumah semi permanen yang masing-masing terdiri dari 2 kamar tidur. Nantinya akan diperuntukkan bagi korban konflik Poso yang mengungsi dan akan menjadi hak milik," papar Arief. Saat ini 100 unit rumah sudah selesai dibangun. Awal November nanti pembangunan 1.009 rumah akan dimulai, menggunakan bahan-bahan baku lokal.
Selain perumahan TNI juga akan membangun infrastruktur seperti jembatan dan jalan di Kabupaten Poso untukmembuka akses masyarakat yang selama ini terisolir. Saat ini TNI sudah membuka jalan sepanjang 14 kilometer di Desa Badak, Kecamatan Tentena. Rencananya di sana akan dibangun jalan sepanjang 65 km dengan lebar 10 meter untuk memberi akses bagi perkebunan vanili rakyat.

No comments: