Saturday, October 28, 2006

RS, Kamis, 26 Oktober 2006
Lagi, Rumah Polisi Terbakar

POSO- Sebuah rumah yang terletak di Jln. P. Seram lorong Nusa Indah No. 28 Kamis (25/10) pukul 01. 00 dinihari terbakar. Belum diketahui penyebab terbakarnya rumah milik Hendro (pensiunan pegawai Bulog) yang disewa tujuh anggota Polres Poso sejak tahun 2000 silam itu.
Saksi mata di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kepada radar Sulteng mengatakan, masyarakat sangat terkejut dengan terbakarnya rumah yang berada di komplek padat penduduk itu. Maklum, saat api melalap rumah dan semua isinya itu terjadi saat mereka sedang tidur pulas. Bahkan salah seorang tetangga rumah yang identitasnya tidak mau disebutkan mengakui tidak tahu-menahu mengapa rumah yang terletak hanya beberapa meter dari rumahnya itu bisa terbakar. "Kami tidak menduga rumah ini akan terbakar. Tidak ada tanda-tanda sebelumnya", katanya.
Masih menurut sumber, sebenarnya warga sempat melakukan upaya pemadaman. Namun karena terbatasnya fasilitas yang ada, wargapun tidak bisa berbuat banyak. Kobaran api-pun semakin membesar, dan sulit dikendalikan.
Dua unit mobil pemadam kebakaran milik pemda Poso, dan sebuah mobil Water Canon milik polisi lambat tiba di TKP. Akibatnya, rumah milik Hendro yang ditempati anggota Polres Poso itu habis terbakar bersama seluruh isinya.
Ditanya apakah tidak ada penghuni rumah saat terbakarnya rumah tersebut. Sumber yang layak dipercaya ini menyebutkanm, rumah dalam keadaan kosong. "H-1 lebaran, ketujuh anggota polisi sudah meninggalkan rumah", terang sumber. "Biasanya pada siang hari mereka (polisi, red) datang menengok rumahnya. Tapi malam hari mereka tidak berani tidur di rumah itu", imbuhnya.
Diketahui, pasca insiden bentrok Brimob Vs masyarakat, polisi banyak yang takut untuk tinggal dirumahnya masing-masing. Mereka lebih memilih mengungsikan diri dan keluarganya ketimbang bertahan tinggal di rumah. Hingga saat ini sudah tiga rumah polisi yang terbakar. Masing-masing di jln. P. Jawa, P. Irian Jaya dan P. Seram, Lorong Nusa Indah. Belum dipertoleh keterangan resmi dari kepolisian, tentang siapa dan penyebab terbakarnya rumah milik anggota polisi tersebut.
Menaggapi banyaknya rumah tinggal anggota Polisi yang terbakar, Kepala BIN Samsyir siregar mengatakan keprihatinannya atas peristiwa tersebut. "Saya kasihan. Itukan rumah masyarakat. Polisi hanya sewa. Akhirnya masyarakat yang jadi korban", kata Samsir Siregar menerangkan. (Cr5)

No comments: