Tuesday, September 19, 2006

Bom Poso, Ulah Kelompok Kecil
Laporan Wartawan Kompas Wisnu Nugroho A
Minggu, 10 September 2006 - 18:17 wib

MAKASSAR, KOMPAS - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengemukakan, aksi kekerasan salah satunya berupa aksi peledakan bom yang masih kerap terjadi di Poso, Sulawesi Tengah adalah ulah satu atau dua orang dari suatu kelompok kecil. Kelompok kecil yang membikin ulah itu diperkirakan berasal dari luar Poso yang tetap ingin memelihara konflik di Poso.
"Motif kelompok kecil ini antara lain ingin meneruskan konflik dan merusak suasana yang berangsur normal karena merasa tidak puas dan masih ingin membalas dendam," ujar Kalla di sela-sela kunjungan di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (10/9).
Karena hanya ulah satu dua orang dari sebuah kelompok kecil yang diperkirakan berasal dari luar Poso, apa yang kini terjadi di Poso berbeda sama sekali dengan konflik komunitas beberapa tahun lalu antara Islam dan Kristen.
"Kelompok itu sudah teridentifikasi dan sudah banyak anggotanya yang ditangkap. Untuk menangani tuntas, perlu upaya lebih keras lagi dari intelijen dan polisi untuk penegakan hukum. Satu dua orang pelaku itu sulit ditangkap karena mempraktikkan perang gerilya," ujar Kalla.

No comments: