Friday, September 22, 2006

Kompas, Jumat, 22 September 2006 - 02:42 wib
Eksekusi Tibo Dkk Dipastikan Sudah Dilaksanakan
Laporan Wartawan Kompas Reinhard Marulitua N

PALU, KOMPAS - Eksekusi hukuman mati terhadap terpidana mati Fabianus Tibo, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu, bisa dipastikan sudah dilaksanakan, Jumat (22/9) dini hari. Meski demikian, hingga pukul 03.00 Wita, belum ada penjelasan resmi mengenai pelaksanaan hukuman mati tersebut dari Polda maupun Kejati Sulawesi Tengah.
Kepastian sudah dilaksanakannya hukuman mati itu diperoleh setelah utusan Kepala Polda Sulteng, Ajun Komisaris Besar Victor Batara, Jumat pukul 02.30 Wita menemui penasihat hukum dan rochaniawan pendamping para terpidana mati di Gereja Santa Maria. Victor Batara datang menanyakan waktu yang dibutuhkan untuk menyemayamkan para terpidana di gereja tersebut.
Dalam pembicaraan dengan penasihat hukum Roy Rening, Uskup Manado Mgr Joseph Suatan, Pastor Melky Tore, dan Pastor Jimmy Tumbelaka yang diikuti wartawan Kompas, polisi hanya memberikan waktu hingga pukul 06.00. Terbatasnya waktu itu dikarenakan jenazah para terpidana akan diterbangkan ke Morowali, Sulteng sekitar pukul 06.00 Wita.
Namun, tawaran tersebut ditolak, karena misa bagi arwah para terpidana sudah direncanakan dilaksanakan pukul 09.00 Wita. Karena itu, meski tanpa jenazah disemayamkan di Gereja Santa Maria, misa akan tetap dilaksanakan oleh para jemaah di gereja tersebut.
Hingga laporan ini diturunkan sekitar pukul 03.00 Wita belum ada keterangan resmi mengenai pelaksanaan hukuman mati. Penasihat hukum maupun rochaniawan pendamping mereka juga belum menerima keterangan resmi.Penulis: dth

No comments: