Sunday, September 24, 2006

Tibo dan Marinus Dikebumikan
Laporan Wartawan Kompas Reinhard Marulitua N
Minggu, 24 September 2006 - 19:16 wib


PALU, KOMPAS - Jenazah Fabianus Tibo dan Marinus Riwu, Minggu (24/9) siang, dikebumikan di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Jenazah Tibo dikebumikan sekitar pukul 14.30 di Desa Jamur Jaya, Kecamatan Beteleme Tua, Morowali, sekitar 500 kilometer dari Palu. Sedangkan jenazah Marinus dikebumikan sekitar pukul 11.00 di Desa Morales, Kecamatan Petasia, Morowali, sekitar 25 kilometer dari Beteleme.
Setelah dieksekusi Jumat pukul 01.45 lalu, jenazah Tibo dan Marinus langsung diterbangkan ke Morowali dan disemayamkan di Gereja Katolik Santa Maria, Beteleme. Tadi pagi, sekitar pukul 10.00, Misa arwah untuk kedua jenazah telah dilakukan dan dipimpin Pastor Jimmy Tumbelaka—rohaniawan yang selama ini mendampingi Tibo dkk.
Setelah misa arwah selesai, jenazah Marinus langsung dibawa ke Desa Morales untuk dikebumikan. Sedangkan jenazah Tibo dkk baru dikebumikan sekitar pukul 14.30.
Baik misa arwah maupun acara penguburan Tibo dan Marinus diikuti ribuan orang yang datang dari berbagai kabupaten di Sulteng, khususnya dari Tentena, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso.

No comments: