Friday, September 22, 2006

Kompas, Jumat, 22 September 2006 - 00:54 wib
Informasi Ekseskusi Tibo dkk, Masih Simpang Siur
Laporan Wartawan Kompas Reinhard Marulitua N

PALU, KOMPAS - Meski diperoleh informasi bahwa terpidana mati Fabianus Tibo, Dominggus da Silva dan Marinus Riwu, sudah diesksekusi sekitar pukul 01.10 Wita, namun hingga pukul 01.30 Wita belum ada keterangan resmi bahwa eksekusi hukuman mati telah dijalankan. Selain itu, hingga laporan ini diturunkan, sejumlah kendaraan yang diduga untuk mengelabui wartawan, tampak berseliweran kaluar masuk Lembaga Pemasyarakatan Palu, Sulteng.
Namun, setelah diikuti, kendaraan yang dikawal polisi itu ada yang masuk ke markas Polda Sulteng, markas Polres Kota Palu, dan ada juga yang ke kawasan Bandara Mutiara, Palu. Sementara di Bandara Palu, sudah menunggu dua pesawat milik Polri yang diduga akan digunakan mengangkut jenazah para terpidana mati ke Morowali. Kawasan Bandara Mutiara Palu diduga kuat sebagai lokasi eksekusi hukuman mati.
Menurut keterangan, penasihat hukum dan pendamping rochani para terhukum tidak ada yang mendampingi para terhukum. Mereka saat ini berada di Gereja Santa Maria, Palu bersama sekitar 200 warga yang menunggu apakah ekseskusi dilaksanakan atau tidak.Penulis: dth

No comments: